Pages

Rabu, 18 Mei 2011

PENANGGULANGAN BENCANA BERBASIS MASYARAKAT

Negara kita sangat rentan terhadap bencana terutama Bencana Alam, mengingat Indonesia berada dalam jalur Ring of Fire serta pertemuan lempeng dunia. Kerentanan terhadap bencana alam ini rupanya tidak diikuti dengan pemahaman tentang bencana itu sendiri, sehingga pada akhirnya pada saat terjadi bencana, jumlah korban selalu teramat banyak.

Jumlah korban jiwa yang selalu mencengangkan ini merupakan akibat dari Minimnya pemahaman masyarakan tentang Bencana Alam, akibat dari minimnya aparat pemerintah melakukan penyuluhan-penyuluhan.

Minimnya pengetahuan ini pada akhirnya juga merugikan kita semua, bayangkan saja, alat Tsunami Warning (pendeteksi tsunami) yang dipasang sejak terjadi Gempa dan Tsunami Aceh, lalu Pangandaran dan disusul Jogjakarta tahun 2006 cukup banyak yang tidak berfungsi, karena ada beberapa bagian yang hilang dicuri oleh masyarakat sendiri, atau rusak di bagian pelampungnya karena dipakai untuk bermain oleh anak-anak. Alhasil pada saat terjadi gempa disusul tsunami, yang seharusnya peralatan tersebut dapat mendeteksi secara dini, malah tidak berfungsi sama sekali.

Ketidakpahaman akan mitigasi bencana ini juga berakibat pada sikap mental masyarakat Indonesia yang tidak siap menghadapi bencana. Ada sistem yag harus dibenahi oleh kita semua sebagai komponen masyarakat.

Kita Lihat pada saat terjadi gempa padang beberapa waktu lalu. Masyarakat tetap panik, padahal Padang memperoleh Award saat simulasi bencana alam. Jauh sekali jika kita bandingkan dengan tsunami di jepang kemarin.


DARI RAKYAT OLEH RAKYAT UNTUK RAKYAT

Selama ini jika terjadi bencana, tradisi dari masyarakat di beberapa daerah cendenrung menunggu aksi dan reaksi dari pemerintah yang harus kita akui bersama kadang sangat terlambat. Sebagai antisipasi, masyarakat sendirilah yang harus bisa menjadi ujung tombak dengan membantuk SATUAN PENANGGULANGAN BENCANA BERBASIS MASYARAKAT dengan pertimbangan bahwa masyarakat yang paling mengetahui kondisi daerahnya masing-masing, dan masyarakat sendiri yang bisa mengetahui secara cepat jika terjadi bencana di daerahnya.

Untuk membentuk satuan seperti ini, memang memerlukan pelatihan dan pembekalan dari kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak di bidang ini, atau dari instansi-instansi pemerintah yang menangani masalah bencana. Namun sebagai acuan awal, kita perlu mempelajari pengetahuan-pengetahuan dasar tentang bencana itu sendiri dan mempelajari aksi penanganan mulai dari Pra Bencana sampai dengan Pasca Bencana, yang selalu dimulai dengan pemahaman tentang MITIGASI BENCANA

LANGKAH-LANGKAH

Seperti telah disebutkan di atas, sebagai langkah awal, kita perlu mengetahui dengan benar apa itu MITIGASI BENCANA. Pemahaman tentang MITIGASI BENCANA dapat anda lihat di sini (klik di sini)

Setelah mempelajari pengertian, maksud dan tujuan dari MITIGASI BENCANA, maka kita perlu untuk mempelajari MANAJEMEN MITIGASI BENCANA yang dapat anda lihat di sini (klik di sini)

Dari pemahaman tentang mitigasi dan manajemen bencana tersebut maka mulailah kita membentuk Satuan Penanggulangan Bencana yang terorganisir sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien kapanpun jika terjadi bencana sesuai dengan prinsip kerja dari satuan SAR yaitu CEPAT, CERMAT dan CEKATAN. Bentuk Organisasi dan Struktur untuk pembentukan SATUAN PENANGGULANGAN BENCANA BERBASIS MASYARAKAT dapat anda lihat di sini (klik di sini)

Format Formulir/daftar isian guna menunjang efisiensi dan efektifitas kerja dari satuan ini, dapat anda dapatkan di sini (klik di sini)

8 komentar:

  1. Mantap abis isi blognya. Pengen pelajari lebih dalam lagi euy... thanks buat sharingnya

    BalasHapus
  2. Nuhun gan...klo mau download formulir2nya tinggal klik aja link2nya....

    klo mau di share juga mangga....langsuuung...bebas kok

    BalasHapus
  3. Thx...gan, meski belum baca isinya, dari pengantarnya saja dah mantap pentingnya, izin donlot gan klo ntar ada yg perlu diperdalam maupun di share

    BalasHapus
  4. @Grisliastudio silahkan gan...sedot aja...

    BalasHapus
  5. Amazing things here. I am very satisfied to
    look your article. Thanks a lot and I'm looking ahead to contact you. Will you please drop me a mail?

    Review my website - Converse All Star

    BalasHapus
  6. By making use of CSS to tools keywords and move with
    hidden articles or blog posts is not something that SEO expert experts do.
    Fortunately, it's not unavoidable to use every article writing providers company to determine these benefits.

    my web-site ... affordable seo services for small business

    BalasHapus
  7. I enjoy, result in I found just what I used to be taking
    a look for. You've ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

    Also visit my web site ... nfl jerseys cheap

    BalasHapus
  8. hey there and thank you for your information – I have certainly picked up something
    new from right here. I did however expertise several technical points using this
    website, since I experienced to reload the website many times
    previous to I could get it to load correctly.

    I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I am complaining,
    but sluggish loading instances times will very frequently affect your placement in google
    and could damage your quality score if ads
    and marketing with Adwords. Anyway I'm adding this RSS to my email and can look out for much more of your respective fascinating content. Ensure that you update this again very soon.

    My blog post - Cheap Nfl Jerseys

    BalasHapus

Infolinks In Text Ads